Rabu, 31 Oktober 2018

INTIP MT. KENCANA

Sebenarnya kalau gue posting saat-saat ini sih telat ya. Secara ini kejadian waktu di bulan Mei kemarin. Setelah gue pikir-pikir, gapapa telat yang panting gue mau berbagi pengalaman aja. Dan blog ini jadi diary gue di masa mendatang nanti.

Awalnya dari gue dan temen gue, Inda Wulandari, yang pengen banget ngerasain nanjak dong. Dia akhirnya ada temen yang juga emang ada rencana ke Gunung Kencana. Ke sana kita memerlukan dua hari karena emang pengen banget ngeliat sunrisenya. Kita putuskan berangkat hari Sabtu, 12 Mei 2018. Oh iyaa, ga hanya gue dan Inda aja yang ke sana. Tapi Inda ngajak temennya, yang brasa dipanggil Bang Dobet. Nah, bang Dobet ini ngajak kelima temennya; Bang Hari, Bang Buluk, Bang Doyok, dan Bang Utay. Gue lupa nama aslinya, ngikutin aja cari manggilnya mereka hahaha.

Kenapa milih hari Sabtu? Karena kita semua para buruh hahaha. Kita berangkat sekitar pukul 13.30 karena mereka nungguin gue balik kerja. Aduh jadi terharu. Sebelum berangkat tentunya gue udah dapet izin dari media orang tua gue. Izin ke bokap tumben gampang banget langsung oke kalau anak gadisnya mau naik gunung. Nah, izin ke nyokap ini perlu dirayu dulu yang lama baru dibolehin deh, secara kalau main sebelum maghrib belum pulang udah ditelponin mulu hahaha.

Sekiranya perlengkapan sudah siap seperti pakaian hangat, alat solat, obat-obatan, makanan, senter, matras, sleeping bag, tenda, kompor, dan kamera.  Gue yang paling banyak bawa barangnya, sampe temen gue bilang, "Dep, kita mau ke gunung bukan mau ke hotel."  Semua barang-barang gue udah dititipin ke rumah Inda sebelum hari H. Seusai pulang kerja gue langsung ke rumah dia, dan numpang  makan siang dulu hahaha laper boskuh.

Oke ternyata udah pada kumpul semua tinggal nungguin gue doang, langsung deh kita berangkat. Di pertengahan jalan kita semua laper lagi dan beli nasi padang dulu, padahal gue tadi udah makan hahaha orangnya laperan.

Saat pintu pertama kita ditarikin uang yang berapanya gue lupa karena udah ada yang nalangin dulu hahaha menyusul ya nutuk harganya nanti diupdate. Nah selanjutnya untuk mau ke posko selanjutnya cukup jauh. Jalanannya bebatuan, naik dan turun, tapi kita semua dihadapkan dengan perkebunan teh yang terbentang. Si merah a.k.a motor gue sampai panas gara-gara jalanan ini. Akhirnya kita istirahat sebentar biar Merah gue rada dingin. Sekiranya udah mendingan kita lanjut lagi dan sampai juga di posko untuk penitipan motor.

Di penitipan motor ini kalian bisa beli minuman dan makanan ringan. Kalian juga bisa pesan indomie sekiranya perut kalian perlu diisi hahaha. Karena waktu hampir maghrib jadi kita solat dulu sebelum nanjak. Sayangnya di sini, listrik masih kurang, walaupun rumah warga lumayan banyak. Musholanya sepi dan gelap hehe.

Setelah waktu maghrib usai, kita lanjut perjalanan kita. Ternyata, DSLR yang dibawa Inda baterainya lupa dicass. Jangan dicontoh ya, kamera juga perlu dicek perlengkapannya seperti kartu memori dan baterainya. Kenapa gue ga bawa kamera? karena barang bawaan gue udah banyak banget hahaaha.
Tapi masih ada action cam yang dia bawa jadi ga rugi-rugi banget lah yaa.

Masih ada posko lagi ternyata dan kita ditarikin uang sekitar 20rban. Di tempat itu kita juga numpang charge kamera selama beberapa menit saja. Sekiranya cukup, kita lanjut perjalanannya lagi. Nah, awal sebelum nanjak kita sudah disambut dengan "Tanjakan Sambalado". Persis dengan namanya tanjakan ini terdiri dari bêbera-a anak tanga yang benar-benar pedas, terjal, dan kejam hahaha.

Sebentar-bentar kita istirahat. Minum pun harus diirit buat di puncaknya nanti hahaha. Mungkin orang yang udah sering Hiking Gunung Kencana seperti Bukit. Tapi, kalau kata gue ini mah udah bikin kaki gue gemetaran staking capeknya hahaha.

Apalagi ini gue nanjaknya malam-malam, rada takut gimana gitu, modal niat dan doa aja deh. Pokoknya hati-hati jaga bicaranya kalau lagi naik gunung. Terlebih gue kalau ngomong kadang suka ga disaring hahaha.

Sekitar kurang lebih 1 jam kita melewati tanjakan sambalado. Nampak terdengar suara-suara samar menandakan bentar lagi sampai puncak. Ini sih gue seneng banget bisa ngelewatin jalanan pedes itu hahaha.

Setelah sampai dipuncak ada rasa bahagia gimana gitu hahaha. Kita semua langsung cari tempat yang pas untuk mendirikan tenda. Dan kita menemukan tempat yang pas dekat dengan "WC UMUM" hahahaha.

Para cowoknya mendirikan tenda, gue sama Inda nyiapin buat makan malam. Kita berdua ini emang ngeribetin, bukannya bawa P*p Mie, tapi gaya banget mau masak sayur sop dong:( kalau dinged lagi suka pengen ketawa hahaha.

Dan bener aja, masak nasi aja kita ga bisa mateng-mateng masih rada mentah, udah kayak ngasih makan ayam:( Tapi ya namanya laper anak cowoknya pada makan aja, termasuk gue ahahah.

View madam harinya Masha Allah bagus banget. Kilauan cahaya Lampu rumah warga terlihat jelas di Puncak Kencana dari ketinggian 1.802 mdpl. Setelah itu kita solat Isya, nah ini gue sama Inda bingung nentuin arah kiblat:(

Mungkin karena weekend, lumayan banyak yang camping. Suara gitar dan nyanyian bertebaran di mana-mana. Sekitar jam 12 malam, mata gue udah ga kuat dan balık ke tenda buat tidur.

Sumpah jam 12 ke sana dingin paraaaah. Padahal gue udah pakai sweater, jaket, sarung tangan. Dan akhirnya gue tambah mukena buat tambahan baju gue hahaha. Tetap saja, gak bisa tidur sama sekali padahal mata udah merem plus ngantuk berat karena cuaca yang masih aja dingiiiiiin banget musik sampai ke tulang. Ini serius.

Hingga waktu subuh pun gue gak tidur cuman merem doang, padahal ngantuk banget. Baru kali ini gue ga tidur sama sekali. Hehe kalian mangan tanya bagaimana kita semua buang airnya, nanti juga tau sendiri hahaaha.

Pas selesai solat subuh, Bang Dobet baru kasih tau kalau selama ini kita solat kiblatnya salah. Telat banget itu orang kasih tanya, semoga Allah tau maksud kita:(

Nah memasuki sarapan karena kemaren anak cowoknya pada komplain nasi yang gue masak ama Inda ga bisa matant. Giliran mereka yang masak nasi. Gue sama Inda bikin lauknya, orek tempe dan tumis bakso. Sempet-sempetnya masak begituan. Dan setelah gue coba nasi bikinan anak cowoknya, ternyata sama nasinya mateng ga merata bahkan bagian bawah nasinya gosong hahaha. Tapi tetep kita semua makan kok ya karena laper kali ya hahaha

Setelah sarapan kita foto bertujuh deh. Sebenarnya dari malam sudah foto-foto sih, cuma yang gue share hanya beberapa saja soalnya ada yang ga disimpan di hape. Foto-foto dan info selanjutnya menyusul <3

Selasa, 27 Juni 2017

(RESEP) Membuat Kue Kering Sagu Keju

Setelah sekian lama, akhirnya ngeblog lagi. Say, Alhamdulillah hehehe. Kali ini gue akan menshare sebuah resep. Namun, sebelum menuliskan resep tersebut, gue mau curhat dikit.

Jadi sebelum gue bikin kue ini, gue sempat nyoba bikin martabak mini, dan itu sudah sesuai dengan resep yang ada di Googke, but itu GAGAL. Bentuknya gak karuan, lengket di wajan, tapi rasanya tetep enaaak hahahaha. Tidak sampai di situ, gue pun never give up #eaaaa dan mencoba untuk bikin kue lagi, yakni kue bolu.

Ibu gue sering membuat kue bolu, jadi gue suka merhatiin cara membuatnya. Setelah tahu, gue bikin deh itu bolu. Tapi, lagi - lagi gagal. Walaupun enak rasanya itu bolu buatan gue, selalu aja bentuknya bantet:( entah kenapa bisa begitu hiksss.

Nah, pas mau lebaran ini, iseng aja buka-buka resep di Google tentang cara membuat kue kering. Apalagi favorit kue gue saat lebaran putri salju dan sagu keju. Ya sudah, gue temenin Ibu belanja bulanan sekalian minta modalin buat beli bahan-bahan kue sagu keju hehehehe *maklum masih mahasiswa belum ada modal bikin kue, apalagi modal buat nikah:( Selagi gue bikin kue sagu keju waktu itu, gue sambil berdoa "Ya Allah gapapa gagal bikin kue bolu, tapi jangan gagal bikin kue ini," kata gue dengan menatap oven di depan mata.

Oke sekian curahatan gue yang dikit itu,  resep di bawah ini gue lihat di Google, tapi kalau di Google itu buat ukuran yang banyak, sedangkan gue bikinnya sedikit, jadi ini rangkuman resep yang gue buat!

Bahan:

• 300g tepung sagu
  • 50g mentega (Butter) (karena nyari mentega susah, gue pakai Blue Band Cookie and Cookies)
  • 100g margarine (Blue Band)
  • 150g gula halus (setengah gelas sedang)
  • 2 kuning telur ayam
  • 2 lembar daun pandan
  • 100g keju parut (Cheedar)
  • 60ml santan

Cara membuat:
  1. Sangrai tepung sagu dan daun pandan di atas api yang sangat kecil. Aduk rata, hingga daun pandan rada mengering. Sisihkan sejenak.
  2. Siapkan satu wadah untuk adonan.
  3. Masukkan margarine, mentega, dan gula halus. Aduk rata dengan mixer hingga warnanya memucat.
  4. Kemudian masukkan telur, aduk rata hingga warnanya memucat.
  5. Lalu, tambahkan keju parut ke dalam adonan yang sudah dikocok, mixer lagi hingga merata.
  6. Tambahkan tepung sagu yang sudah disangrai ke dalam adonan dan aduk lagi.
  7. Masukkan santan ke dalam campuran adonan, aduk hingga rata.
  8. Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang sudah diisi dengan cetakan kue.
  9. Cetak adonan di atas loyang yang sudah dioleskan margarine, agar tidak lengket.
  10. Panaskan oven mencapai suhu kurang lebih 160 derajat.
  11. Panggang dalam oven selama 20 menit, lalu didinginkan.
  12. Setelah itu, masukkan dan susun kue sagu ke dalam toples.
  13. Kue sagu keju siap untuk disantap.

Kuenya ditaruh di piring cause waktu selesai bikin lupa difoto.

dan ini sisa kue yang masih ada di toples:')

Senin, 13 Februari 2017

Mesin Pencari

Di setiap ejaan kata
Lagi - lagi nama itu tertera
Sulit rasanya
Hanya nama itu yang ada

Kuikuti kemauan jari ini
Yang bergerak sesuai dengan hati
Mengetik di setiap katanya
Tentu yang mengandung makna

Ternyata mesin pencari ini tahu
Bahwa pemiliknya sedang rindu

Sabtu, 29 Oktober 2016

Sekolah dan Pungli

Di sekolah tempat untuk mencari ilmu, kini sepertinya dijadikan tempat mencari uang bagi para "tikus sekolah". Peristiwa ini kerap terjadi pada awal tahun ajaran baru siswa/siswi di sekolah baik itu SD, SMP, dan SMA/SMK negeri. Sebutan untuk mencari uang pada tahun ajaran baru ialah pungutan liar atau pungli.
Alih-alih para oknum meminta kepada orang tua siswa untuk kebutuhan sekolah. Nyatanya, duit yang ditagih pun melebihi batas sewajarnya. Mulut orang tua siswa bungkam karena mereka ingin mengadu, tetapi mereka memikirkan nasib anaknya nanti.

Modus Aliran Dana

Saat penerimaan siswa/siswi baru, pihak sekolah meminta dana kepada wali murid untuk kebutuhan sekolah. Biasanya dana tersebut digunakan untuk membeli seragam, membeli AC (Air Conditioner), dll. Mungkin ada sebagian orang tua murid tahu bahwa uang-uang tersebut merupakan pungutan liar.
Bayangkan saja, jika setiap siswa dimintai uang sebesar Rp1 juta, sekolah sudah mendapatkan ratusan juta. Padahal, di setiap sekolah negeri sudah mendapatkan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah).
Misalnya, salah satu sekolah yang ada di Kabupaten Bogor meminta uang kepada wali murid sebesar Rp1,1 juta. Dari pihak sekolah mengatakan, uang tersebut untuk membeli seragam dan memasang AC. Namun, saat di pertengahan semester, sekolah tersebut meminta uang kembali minimal Rp700 ribu untuk memasang AC. Lantas, uang yang Rp1 juta lalu itu di ke manakan?
Padahal sekolah negeri tujuannya selain untuk mendapatkan ilmu, juga untuk meringankan siswa yang tak mampu. Namun, saat ini dimanfaatkan bagi pelaku yang haus akan uang. Wali murid hanya diam, ia takut jika mengadu akan ada yang mengancam anaknya.

Pemerintah Harus Bertindak Tegas
Di Bandung misalnya, Ridwan Kamil telah memberi sanksi terhadap 19 kepsek. Seperti yang dilansir balebandung.com, Terdapat 3 rekomendasi sanksi yang diusulkan Inspektorat, yakni skorsing kepala sekolah selama 3 bulan dan penundaan kenaikan pangkat, pemberhentian dari jabatan kepala sekolah, serta rekomendasi sanksi kepada Gubernur Jawa Barat untuk tindakan yang dilakukan di tingkat SMA. Rekomendasi dilakukan karena kewenangan sekolah setingkat SMA berada di wilayah provinsi.
Dikutip berdasarkan mediaindonesia.com, Arief Rachman pakar pendidikan mengatakan, ada tiga hal yang harus dibenahi untuk mencegah terjadinya pungli. Pertama, urusan keuangan penerimaan siswa baru diatur berdasarkan peraturan sekolah yang mengacu pada permendikbud dan undang-undang. Kedua, dewan pendidikan dan komite sekolah di setiap daerah mesti benar-benar bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi mereka. Ketiga, pastikan orang tua mengetahui batasan iuran apa saja yang diperbolehkan.
Bahkan berdasarkan Permendikbud No 60 Tahun 2011 jelas disebutkan bahwa sekolah yang memungut biaya dari peserta didik bisa terkena sanksi. Sanksi berupa pengembalian pungutan sepenuhnya, mutasi hingga tindakan administratif lainnya.

Devi Putri Pratama, mahasiswi Politeknik Negeri jakarta

Kamis, 27 Oktober 2016

Hindari Penyebab Terjadinya Jerawat

Sumber gambar:  ZethaIndonesia.com
Jerawat sudah menjadi hal yang biasa muncul di wajah seseorang. Baik kaum wanita maupun kaum pria, merasa kesal jika di wajahnya yang semula halus tiba – tiba saja ada jerawat tumbuh. Jerawat sering identik dengan remaja karena pada usia tersebut hormon masih produktif, walaupun orang dewasa terkadang masih suka timbulnya jerawat.
Tidak hanya dokter kulit yang mengerti permasalahan yang satu ini, namun seorang apoteker pun paham akan soal jerawat. Cyanita Fransiska S.Farm,. Apt. sudah terbiasa menerima konsultan dari para pasiennya. Ia bisa meracik obat untuk wajah seseorang yang terkena jerawat. Menurutnya mengapa bintik – bintik di wajah muncul, ternyata ada beberapa hal yang harus Anda dihindari agar tidak muncul jerawat.
Pertama, hindari gorengan dan makanan berlemak. Jika mengonsumsi lemak minyak tidak sehat secara teratur, tubuh akan dipaksa untuk menggunakannya membentuk sel kulit baru. Sel-sel kulit tidak akan berfungsi dengan baik. Akhirnya, jerawat dan penyakit kulit lainnya dapat muncul.
Kedua, hindari stres. Hal tersebut akan meningkatkan adrenalin yang artinya hormon memicu reaksi terhadap tekanan dan kecepatan dalam darah. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar hormon berasal dari kelenjar adrenalin atau biasa disebut kortisol yang dilepaskan dalam tubuh Anda. Adrenalin yang berlebihan mengurangi kapasitas nutrisi dan menyerapnya, kemudian menyerang organ terbesar yaitu kulit.
Ketiga, hindari makanan pedas. Mengonsumsi berlebihan makanan pedas bisa menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan Anda. Hal ini pada akhirnya bisa menyebabkan sensasi peradangan di saluran pencernaan Anda, dan dapat menimbulkan jerawat pada kulit.
Keempat, kurangi memakan cokelat dan kadar gula tinggi. Selain mampu meningkatkan kadar gula dalam darah, makanan yang mengandung gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan berdampak pada penurunan pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri yang merupakan salah satu penyebab jerawat.
Kelima, hindari memakan mie instan. Tidak banyak yang tahu bahwa mengonsumsi makanan ini terlalu banyak, kurang baik untuk kesehatan, termasuk jerawat. Kandungan protein dan minyak yang terdapat dalam mie instan dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Sebaiknya jika ingin mengonsumsinya, jangan gunakan minyak yang terdapat di dalam kemasan mie instan. Buang air rebusan mie instan lalu ganti dengan air panas lain yang dimasak secara terpasah. Untuk alternatif pengganti mie instan, Anda bisa menggantinya dengan bihun maupun soun.
Keenam, atur pola tidur. Ketika sering tidur larut malam, itu berarti Anda telah mengurangi waktu tidur yang dibutuhkan untuk meremajakan tubuh. Kurang tidur juga menyebabkan stres, peningkatan peradangan. Stres mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat memperlambat penyembuhan jerawat yang sudah ada.
Itulah hal – hal yang menyebabkan jerawat muncul di wajah seseorang. Tanpa disadari, Anda pasti sering melakukan hal – hal tersebut. Padahal apa yang Anda pikir itu enak ternyata dapat menimbulkan penyakit yang ada pada diri Anda. Dengan mengetahui penyebab terjadinya jerawat, masih beranikah Anda menerapkan hal – hal tersebut?